PERKEMBANGAN TEKNOLOGI




https://teknologi.id/insight/pengertian-teknologi-komunikasi-dan-fungsinya/

Dalam satu dekade ini perkembangan teknologi dapat dibilang bertumbuh sangat pesat. Dan bisa dibilang jika teknologi saat ini sangat memprngaruhi gaya hidup masyarakat, dimana mereka sudah pasti ingin mengganti device mereka menjadi yang lebih terbaru untuk memenuhi kebutuhan, mengikuti trend, dan bisa juga dibilang sebagai ajang untuk memamerkan apa yang mereka punya. Sekarang ini banyak juga aplikasi-aplikasi yang sangat mempermudah kegiatan manusia seperti Gojek dengan berbagai fitur yang mereka berikan, Grab, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya. Selain sangat membantu aktivitas kita, perkembangan teknologi juga dapat menjadi boomerang bagi kita. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah perkejaan kita yang dapat membuat diri kita sendiri menjadi seorang yang pemalas. Selain pemalas, teknologi juga dapat membuat kita menjadi seorang yang individualisme, hedonisme, egois, dan berlaku semena-mena. Seperti yang kita tahu saat ini banyak sekali orang-orang yang terlalu 'bebas' menyatakan pendapatnya di media sosial, sehingga membuat orang lain merasa tertekan bahkan sampai merenggut nyawanya sendiri. Maka dari itu kita harus menjaga etika dalam berpendapat. Selain itu hoaks yang bertebaran dimana-mana yang dapat memecah belah bangsa tidak dapat terbendungi. Berikut tips untuk menghindari hoaks yang ada di internet :
  1. Identifikasi halaman web : Kita harus memeriksa dengan baik halaman web yang kita bca karena terdapat banyak web personal yang sering digunakan untuk menyatakan opini pribadi.  Pastikan konten sesuai dengan tujuannya.
  2. Periksa kredibiltas : Satu alternatif untuk mengetahui apakah penulisan konten valid atau tidak, adalah mengetahui kredensial penulis, seperti latar belakang pendidikan, bidang pekerjaan, dan keanggotaan organisasi itu diikuti (afiliasi). Penulis dengan gelar pendidikan tinggi atau memiliki banyak buku atau artikel yang diterbitkan cenderung lebih kredibel.
  3. Periksa tanggal informasi : Ketika membutuhkan informasi yang diperbarui, pastikan tanggal publikasi. Sumber yang baru diterbitkan cenderung lebih dapat dipercaya daripada sumber yang lama. 

Komentar

Postingan Populer